buku vs gadget

oleh : Sherly iskandar

Assalamu'alaikum wr. wb

Bismillahirrahmanirrahim..

hai ketemu lagi, kali ini saya mau membuat sebuah resume tentang Buku VS Gadget, Masih relevankah belajar dengan buku saat sekolah online? saya melihat ini di live IG @gizidat buku vs gadget. Pada kesempatan ini gizidat melalukan live ig bersama dengan psikolog dari @parentingtalk yang membahas masih relevankah belajar dengan buku saat sekolah online. Terdapat beberapa poin penting yang saya ambil dari diskusi diatas.

Penggunaan buku saat sekolah online masih cukup relevan karena buku dan gadget ini mempunyai kelebihannya masing-masing, pada dasarnya setiap anak itu harus menguasai membaca, menulis dan berhitung karena ini adalah skill yang harus dikuasai setiap anak untuk kepentingannya di masa depan. Gadget sendiri mempunyai kelebihan yaitu memberikan informasi yang cepat dan mendalam, informasi dari a sampai z ada di dalam gadget, karena terlalu banyak informasi ini maka berpotensi menimbulkan kerugian bagi si anak yaitu membuat si anak terdistraksi dengan banyaknya informasi pada satu waktu. Hal ini akhirnya akan membuat konsentrasi anak terganggu. Ketika si anak membaca buku yang hanya fokus satu buah buku maka ini akan membuat anak mendapatkan informasi yang lebih detail, sehingga si anak bisa lebih fokus dengan informasi yang di dapat.

Untuk meningkatkan minat baca anak ini sudah bisa dimulai sejak si anak dalam kandungan dengan cara si ibu bercerita atau membacakan buku, kemudian saat menyusui juga bisa jadi minat baca anak ini harus di tumbuhkan sejak dini sehingga si anak jadi rajin membaca. Pada prinsipnya buku dan gadget ini hanya tools, dan tidak akan mungkin si anak akan berminat untuk membaca kalau tidak dibiasakan dari sejak dini.

Kiat kita agar anak menyukai buku atau senang membaca antara lain, pertama dimulai dari dalam kandungan, kedua menciptakan lingkungan rumah yang mendukung untuk kita membaca seperti menyediakan pojok baca, ketiga orangtua harus bisa menjadi contoh teladan bagi anak dalam membaca, keempat variasi buku yang dibaca disesuaikan dengan umur anak.

Membaca sangat berperan penting dalam hal mencerdaskan generasi bangsa karena dengan membaca ada kemampuan kognitif yang bisa diasah salah satunya mengajak anak anak berdiskusi dan mengingat apa yang tadi sudah dibacanya kemudian menceritakan kembali apa yang sudah dibaca tadi dengan bahasanya, hal ini akan meningkatkan kemampuan intelegensi dan empati si anak. Selain itu dengan membaca juga menciptakan bonding yang kuat antara anak dan orangtua.

Peran orangtua dengan adanya sekolah daring saat ini apa saja? pada saat pandemi ini anak anak dituntut sekolah daring dan kita sebagai orang tua tidak bisa untuk tidak mengindahkan hal ini, karena ini sudah zamannya teknologi, kita tidak bisa melarang anak pegang gadget sama sekali baik itu tv ataupun komputer, jadi hal apa saja yang perlu kita lakukan saat ini yaitu menyiapkan anak anak untuk menggunakan teknologi dengan smart.

Sebagai orangtua apa saja yang harus dilakukan untuk menyiapkan anak- anak yang smart dalam berteknologi yaitu :

1. Orang tua harus menjelaskan kebutuhan gadget ini yaitu dengan memberitahu kepada anak alasan orangtua memberikan gadget kepada anak.

2. Orang tua harus menjelaskan aturan yang jelas dalam penggunaan gagdet ini yaitu dengan berdiskusi bersama anak.

3. Orang tua menjelaskan resiko dalam menggunakan gadget mulai dari resiko adiksi, konten pornografi sampai resiko obesitas.


Screen time pada anak-anak menurut usia

umur 0 - 2 tahun no gadget

umur 3 - 6 tahun 10 - 20 menit

umur 7 - 10 tahun 20 - 60 menit

umur 11 - 15 tahun 120 menit

jadi anak bijak bergadget itu intinya ada pada orangtua, terutama dalam mengkomunikasikan tentang gadget kepada anak. demikian hasil resume dari saya kurang dan lebih saya mohon maaf Terima kasih. wassalam


#ibubijak #anakbijak #rumahbijakdigital