latar belakang

Rumah Bijak Digital

Kita sadari, masa berganti dengan cepat. Kini kita berada pada era teknologi yang pesat perkembangannya. Teknologi khususnya internet dan televisi menjadi hal yang biasa. Tak hanya di ruang kerja atau perkantoran, teknologi itu sudah berada di genggaman. Masuk ke dalam rumah-rumah kita. Bahkan, anak-anak pun terbiasa bersekolah dengan media internet. Lalu, apakah kita menolaknya?

internet dalam genggaman

Sementara di belahan dunia yang lain, mereka tak bisa mengenyam kemajuan sebuah teknologi, bahkan tak mengenal internet. Atau kalaupun ada, aksesnya begitu sulit dan terbatas. Hal ini pun berpengaruh pada perkembangan kehidupannya, baik dalam aspek pendidikan, kesehatan, perekonomian, industri dan sebagainya. Oleh karena itu, kita patut bersyukur dan mampu memanfaatkannya secara bijak.

Rumah Bijak Digital bertujuan mengajak keluarga untuk bijak dalam menggunakan perangkat digital. Perangkat digital dalam konteks ini adalah gawai, PC, Laptop, Tablet, Televisi. Pada dasarnya, perangkat tersebut memiliki manfaat yang banyak. Apa saja? Diantaranya sebagai media komunikasi, media informasi, media sosial, media pembelajaran dan banyak lagi. Sayangnya, bila tujuan penggunaannya tidak diarahkan pada hal yang positif maka akan memberikan dampak pada kesehatan, psikologis, dan sosial.

Dan dampak negatif ini dapat terjadi terutama pada anak-anak. Kenapa? Karena anak-anak belum memiliki kesiapan dalam menggunakan perangkat digital tersebut. Anak-anak perlu mengetahui fungsi sebuah perangkat dan bagaimana menggunakannya secara bijak.

Langkah Awal memulainya dengan bergerak sebagai Ibu Bijak Digital. Ibu adalah tiang dalam rumah dan yang paling dekat dengan anak-anak. Ibu juga merupakan role model bagi anak-anaknya. Maukah Ibu bergabung bersama kami?